Kamis, 25 Desember 2014

Cara Instal dan Instal Ulang Windows 8.1 (Lengkap dengan Gambar + Video Tutorial)

Pada umumnya, menginstal Windows 8.1 itu terbilang sangat mudah. Tapi tidak sedikit pengguna yang masih bingung akan hal itu. Apalagi menginstal ulang Windows 8.1, langkah-langkahnya sebenarnya sama dengan menginstal Windows 8.1 seperti biasa, tapi banyak pengguna yang bingung bagaimana cara memulainya, yaitu bagaimana cara agar bisa menginstal ulang tanpa membutuhkan DVD Windows 8.1 karena mereka tidak memiliki file instalasi Windows 8.1.

Jika Anda tidak memiliki media instalasi

Jika Anda adalah salah satunya, maka jangan bingung. Anda mungkin kehilangan media instalasi, tapi Anda dapat mencoba solusi ini:
Klik: Cara Instal Windows 8.1 dengan Flashdisk

Instalasi

*Tutorial ini hanya berlaku untuk menginstal Windows 8.1 Enterprise. Silakan sesuaikan dengan edisi Windows 8.1 lainnya.
Proses instalasi memakan waktu paling cepat 15 menit, dan itu tergantung pada spesifikasi komputer. Semakin besar spesifikasi, maka proses instalasi semakin cepat.

Sebelumnya, atur pengaturan BIOS agar memilih DVD atau perangkat USB seperti flashdisk sebagai media utama saat booting. Jika Anda tidak tahu caranya, maka carilah di internet sesuai merek komputer, karena biasanya setiap merek dan tipe memiliki tampilan BIOS yang berbeda.

Masukkan DVD atau flashdisk yang berisi file instalasi Windows 8.1 tadi. Restart komputer. Lalu muncullah perintah ini: tekan tombol apa pun untuk memulai proses instalasi.

Sesuaikan semua pilihan seperti pada gambar [disarankan]. Lalu klik Next.

Klik Install Now.

Centang persetujuan. Lalu klik Next.

Pilihan "Upgrade" hanya untuk meningkatkan versi Windows, misalnya dari Windows 7 ke Windows 8.1. Sedangkan "Custom" sama fungsinya dengan "Upgrade", namun yang berbeda adalah "Custom" lebih 'menyegarkan' dan berguna bagi yang tidak memiliki versi Windows sebelumnya. Pilih Custom [disarankan]

Lalu pilih partisi mana yang akan menjadi partisi sistem (berisi files sistem). Biasanya adalah (C:).
*Sementara ini, jangan menyesuaikan instalasi sesuai gambar di bawah.

Lalu klik Format pada partisi yang sudah Anda pilih. Jangan klik Format jika Anda memilih "Upgrade". Kemudian klik Next.

Proses instalasi Windows 8.1 sedang berlangsung. Setelah itu, komputer akan dengan sendirinya restart.


Ketika komputer akan menyala, buka BIOS dan ganti semua pengaturan yang telah diubah tadi ke default.

Lalu penyiapan dimulai. Tunggu sampai selesai.


Pada proses seperti ini, komputer akan restart berkali-kali dengan sendirinya. Itu normal. Lalu muncul pengaturan ini, pilih warna yang Anda sukai dan buat nama PC.

Pilih salah satu dari "Express settings" (pengaturan default) dan "Custom settings" (pengaturan yang dapat Anda sesuaikan sekarang). Jika Anda ragu, maka pilih "Express settings", dan Anda dapat mengatur pengaturannya nanti.

Jika Anda memilih "Custom settings", aturlah sesuai kebutuhan Anda.

Pilih Create a local account.

Isi formulir akun lokal seperti gambar di bawah ini:
*Nama akun tidak boleh sama dengan nama PC.

Jika sudah, klik Finish.

Setelah itu, tunggu beberapa menit saat Anda melihat ini:


Setelah menunggu, Anda akan dialihkan ke Start screen secara otomatis.

Video Tutorial

Apa selanjutnya

Proses instalasi sudah berhasil. Selanjutnya adalah mengatur pengaturan yang sesuai dengan kebutuhan dan keinginan Anda. Lalu memperbarui driver agar semua perangkat keras bekerja optimal.

Cara Instal dan Instal Ulang Windows 8.1 (Lengkap dengan Gambar + Video Tutorial) Rating: 5 Diposkan Oleh: Nando Tamvan

0 komentar:

Posting Komentar