Sabtu, 17 Januari 2015

Pemula: Bahaya Menonaktifkan Windows Update dan Bagaimana Cara Menyesuaikan Penggunaannya

windows update

Jika Anda pernah melihat layar seperti gambar di atas saat mematikan komputer, itu artinya komputer akan mendapat pembaruan baru, dan itu adalah proses instalasinya. Pembaruan-pembaruan tersebut sangat penting. Sayangnya, banyak orang awam yang menganggap layar itu sebagai masalah karena muncul saat mematikan komputer.

Ada juga orang yang menyarankannya agar mematikan Windows Update. Padahal, mengaktifkan Windows Update sangat penting. Bahkan ada yang tidak menyukai proses itu, hingga menonaktifkan Windows Update.

Mengapa Windows Update sangat penting diaktifkan

Windows Update sangat penting. Karena melalui pembaruan-pembaruan yang diinstal, Windows menjadi lebih aman, mengatasi bug, mendapatkan fitur baru, dan sebagainya. Jika Windows Update dinonaktifkan, maka Windows akan menjadi "kedaluwarsa" dan tidak mendapat dukungan keamanan terbaru. Segala bug yang masih ada tidak akan teratasi sehingga mengganggu pekerjaan.

Kinerja perangkat keras dapat ditingkatkan dengan memperbarui driver-nya melalui Windows Update. Jika printer atau perangkat keras lain tidak bekerja secara optimal, maka mungkin penyebabnya adalah driver yang usang. Driver berguna untuk menghubungkan perangkat keras dengan perangkat lunak agar kinerjanya lebih optimal. Apalagi untuk gaming, driver terbaru sangat menentukan kinerja suatu game.

Ini adalah kewajiban seorang pengguna. Memperbarui sesuatu melalui Windows Update sudah cukup merawat komputer. Jika ada pengguna yang melewatkan pembaruan baru yang belum diinstal, maka komputer tidak mendapatkan perawatan baru yang dapat meningkatkan kualitas komputer.

Yang paling penting dalam hal ini adalah keamanan. Memperbarui basis data antivirus saja tidak cukup. Keamanan Windows dan produk Microsoft lain di dalamnya juga diperbarui melalui Windows Update. Jika ini dilewati atau bahkan ditinggalkan, maka Anda sama saja menggunakan Windows XP yang dukungan keamanan, fitur, dan sebagainya telah berakhir pada 8 April 2014. Risiko peretasan terhadap sistem dapat meningkat hanya karena menonaktifkan Windows Update.

Pembaruan juga bisa berupa penambahan fitur. Ini adalah pembaruan yang paling disukai pengguna. Misalnya tombol Power pada Start screen Windows 8.1. Walaupun demikian, pembaruan seperti ini jarang muncul karena mustahil jika Microsoft terus menambahkan fitur baru ke dalamnya, atau mungkin hanya memperbaiki kinerja fitur yang ada. Dengan demikian, ini akan semakin memudahkan pekerjaan Anda.

Penting sekali mengaktifkan Windows Update. Pembaruan-pembaruan yang diunduh dan diinstal melalui Windows Update menentukan kualitas pekerjaan Anda. Beberapa jenis pembaruan baru bisa muncul secara terpisah, dan lebih sering terdapat pembaruan keamanan Windows. Sungguh bahaya jika Anda menonaktifkan Windows Update.

Menyesuaikan Windows Update

Windows Update memiliki beberapa opsi yang dapat disesuaikan dengan kondisi penggunanya. Pergi ke Control Panel > System and Security > Windows Update. Klik Change settings.

Jika Anda memiliki kecepatan akses Internet yang cukup cepat dan unlimited (tidak terbatas), maka sangat disarankan agar memilih opsi mengecek dan mengunduh pembaruan secara otomatis [pilihan 1].

Jika Anda memiliki koneksi Internet yang lambat, maka pilih opsi mengecek pembaruan secara otomatis, dan mengunduhnya secara manual [pilihan 3]. Ini juga berguna untuk menghemat kuota Internet. Jika Windows Update memiliki pembaruan baru, maka ia akan memberi tahu Anda agar segera mengunduhnya dan menginstalnya.

Jika Anda ingin Windows Update mengunduh pembaruan secara otomatis tetapi tidak menginstalnya secara otomatis, maka pilih pilihan 2.

Disarankan untuk mencentang Recommended updates dan Microsoft updates agar semua pembaruan yang disarankan dan produk Microsoft lainnya dapat terdeteksi.

Cara menggunakan Windows Update

Masih di Control Panel > System and Security > Windows Update. Jika tombol "Check for updates" yang tersedia, maka klik saja untuk mengecek dan mengunduh pembaruan baru. Jika tombol "Install updates" yang tersedia, maka klik saja untuk menginstal pembaruan baru yang sudah diunduh.

Tidak peduli bagaimana keamanan dan spesifikasi PC Anda, mengaktifkan Windows Update sangatlah penting. Terlebih jika PC Anda digunakan untuk pekerjaan yang membutuhkan kinerja dan keamanan yang sangat tinggi.

Pemula: Bahaya Menonaktifkan Windows Update dan Bagaimana Cara Menyesuaikan Penggunaannya Rating: 5 Diposkan Oleh: Nando Tamvan

0 komentar:

Posting Komentar