Minggu, 03 Mei 2015

Sekilas Tentang Android

Sekilas Tentang Android - Sejarah sistem operasi android dimulai sejak di umumkan nya open handset alliance di akhir tahun 2007. Sebenarnya ide untuk membuat operasi open source buat peranti embedded sudah ada sejak lama. karena backing dari google sangat agresiflah, maka android bisa sangat terkenal hanya dalam beberapa tahun saja.

Beberapa perusahaan telekomunikasi, kini mulai memiliki atau menawarkan perangkat android dalam produk-produknya. tidak hanya ponsel, tetapi juga perangkat lain seperti : tablet, netbook, televisi, bshksn hingga ke peranti embedded di mobil memiliki sistem operasi android.

Sekilas Tentang Android

Sebenarnya android pada awalnya tidak dikembangkan oleh google, tapi dikembangkan oleh sebuah perusahaan yang bernama Android Inc. karena google melihat banyak nya user yang online dengan perangkat mobile, makan google mengira bahwa perangkat mobile ini memiliki masa depan yang cerah. sehingga Android Inc diakusisi oleh Google tahun 2005.

Pada waktu yang sama, Apple di tahun 2007 juga mengembangkan sebuah sistem operasi ios untuk iphone nya dengan fitur yang sangat inovatif, seperti multitouch dan adanya open market untuk aplikasi. 
Android pun kemudian meniru ini dan cepat beradaptasi untuk menambahkan fitur ini dan fitur tambahan lain nya, seperti programmer bisa punya control yang lebih terhadap sistem operasi, dan multitasking.

Android punya banyak tambahan yang cocok untuk dunia korporat, seperti exchange support, remote wipe, dan Virtual Private Network (VPN). ini mirip dengan blackberry yang dikembangkan oleh RIM.
Dengan beragamnya peranti dan adaptasi, android berkembang pesat dan jumlah user nya pun pertambah. tapi bagi developers, ini juga berarti ada tantangan yang potensial.
karena aplikasi ini harus bisa adaptasi dengan ukuran layar dengan resolusi yang berbeda, ada juga keyboard, sensor hardwere, versi OS, konfigurasi sistem, dan kecepatan data wireless yang berbeda.
 Tiap Variasi dari aspek-aspek tersebut bisa disebabkan mulculnya perilaku yang tidak terprediksi. namun mengecek satu satu untuk variasi tersebut juga tidak memungkinkan. karena jumlahnya yang sangat banyak.
karena itu, sejak awal android sudah diatur agar bisa memiliki tampilan yang seragam, dan user experience yang sama di semua platform. Caranya dengan melakukan abstraksi pada perbedaan hardwere. sistem operasi android menutup aplikasi dari modifikasi yang hardwere nya spesific.

Tapi di sini lain juga memungkinkan fleksibilitas untuk melakukan tune up pada aspek yang diperlukan.
Google menyediakan banyak kemudahan untuk pengembang softwere pihak ketiga, seperti plugin Android Developers Tool (ADT) untuk eclipse (dan juga tool standalone) termasuk di dalamnya kemampuan untuk logging secara realtime, emulator realistis yang menjalankan kode ARM native dan pelaporan error.

Sekian  Sekilas Tentang Android, Semoga bermanfaat!!

Sekilas Tentang Android Rating: 5 Diposkan Oleh: Nando Tamvan

0 komentar:

Posting Komentar